Mengikuti pendidikan tinggi terasa seperti suatu budaya asing untukmu?
Anda mempunyai harapan pada waktu mendaftar dan masuk kelas, sebagaimana kerja melalui program Anda di pendidikan tinggi.
Pendidikan tinggi juga ada harapan darimu!
Pendidikan tinggi mempunyai peraturannya sendiri, pola, dan budaya. Ada perbedaan-perbedaan penting antara sekolah swasta dan sekolah umum, pendidikan tinggi swasta dan universitas negeri, institusi seni liberal dan institusi (lembaga) penelitian, sekolah-sekolah tamatan, dll.
Konsep kunci pendidikan tinggi
termasuk disiplin/departemen, bea-siswa, penelitian, orientasi lisan, masa jabatan, kerekanan, kebebasan akademik, dll.
Luangkan waktu untuk memahami budaya pendidikan tinggi.
Kelompok-kelompok penting termasuk fakutas dan mahasiswa,
pegawai administrasi dan pimipinan, alumni, dan bahkan kelompok masyarakat dan para legislator. Mereka semua termasuk sumber yang penting. Begitu juga staf berada di sana untuk membantu Anda, dan menunggu Anda mengajukan sesuatu, itulah tugas mereka dan pemusatan akan membantu Anda untuk berhasil.
Apakah Anda takjub dengan ketrampilan Anda menemukan cara Anda sekitar bidang pendidikan tinggi yang asing ini ?
Sebagai pelajar dewasa, Anda:
§ Cenderung menjadi mandiri
§ Memiliki wadah dengan kekayaan pengalaman yang dapat membantu Anda sebagai sumber untuk belajar.
§ Seringkali dipengaruhi oleh kebutuhan Anda untuk mengetahui atau melakukan sesuatu.
§ Cenderung memiliki suatu kehidupan-, tugas-, atau pemusatan-masalah orientasi belajar, sebagai lawan orientasi suatu hal.
§ Pada umumnya mendorong belajar secara (mendalam/hakiki) sebagai lawan menjadi kewajiban atau subyek ke arah hal yang di luar atau kekuatan ekstrinsik.
Disadur dari
Imel, Susan, Pedoman kerja pelajar dewasa.
ERIC Digest No. 154 ERIC Identifier: ED377313, 1994-00-00
Pelajar dewasa, ketika mereka kembali, dan melanjutkan pendidikan mereka, sering mereka mempertanyakan dan menilai kembali asumsi asli dan motivasi sebagaimana mereka menggunakan pendidikan untuk menciptakan kembali kehidupan mereka.
Sebagaimana pada umumnya, pelajaran Anda akan berhasil kalau Anda
§ Melakukan peran aktif
di dalam perencanaan, pengawasan, dan penilaian pendidikan Anda
§ Menghilangkan dugaan-dugaan pertimbangan
tentang apakah pendidikan itu membuka pikiranmu ke arah pengalaman tertentu
§ Pilihlah subyek dan kursus-kursus
yang relevan dengan pekerjaan dan profesi Anda atau kehidupan pribadi yang memperkuat program akademik Anda.
Deskripsi Kursus penting pelajar dewasa
Hasil/Keluaran | Proses | Isi |
Bagikan tanggung jawab untuk mempelajari tujuan/sasaran Kelancaran perundingan, atau terbuka untuk perundingan kembali Bukan petunjuk; terbuka untuk perubahan Proses penilaian Motivasi intrinsik | Padukan berpikir dan belajar Lebih baik pemusatan masalah daripada orientasi isi Saling menghargai permintaan dan hak pelajar Menggabungkan, mengembangkan dialog & terbuka Kenali nilai pengalaman sebagai sumbangan belajar Termasuk proyek-proyek/atau belajar aktif (sebagai imbangan pada perkuliahan dan/atau belajar pasif) Monitor tetap terpasang untuk umpan balik dan penilaian | Terapkan belajar ke penggunaan praktis Pemusatan issue kurikulum Penggandaan/berbagai sumber informasi Berbagai bentuk |
Disadur dari:
Penjelajahan Proses Belajar & Instruksi:
Teori Data Dasar Praktis (TIP); Andragogy (M. Knowles)
Strategi berguna di dalam suatu program belajar:
Tuliskan tujuan-tujuan Anda dan kesepakatan perkirakan waktu.
Hal ini sangat membantu untuk menghindarkan ketegangan dan beban berlebihan atas diri Anda.
Mengacu pada pedoman untuk menetapkan tujuan/membuat jadwal
Buatlah laporan yang baik dengan instruktur/professor-profesor di dalam kelas Anda.
Hal ini membantu di dalam perundingan pemilihan proyek belajar yang mempunyai relevansi dengan situasi dan tujuan.
Mengacu pada pedoman untuk mempengaruhi guru.
Mengembangkan kesadaran bagaimana Anda belajar, atau mempelajari hal yang baik di masa lalu;
Hal ini akan membantu Anda untuk mengkonsentrasikan energi Anda dengan cara yang produktif, dan mengingatkan Anda pada bidang-bidang di mana Anda memerlukan bantuan.
(misalnya,berbicara, menulis, matematika, ujian, dll)
Cara belajar Anda menunjukkan bagaimana proses Anda belajar dan memperoleh informasi dan tidak ada lain yang dapat dilakukan untuk menjadi ?pintar?. Anda akan mengacu pada bagaimana pikiran Anda, atau bagian dari pikiran Anda berfungsi. Setiap orang mempunyai cara belajar yang sangat khusus. Penelitian telah menunjukkan banyak sifat khas pelajar dan cara untuk membuktikannya.
0 komentar:
Posting Komentar