• ARTIKEL

    Pada kategori ini kami memuat tentang karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

  • GEOGRAFI

    Pada kategori ini kami memuat segala hal terkait dengan Geografi, yaitu terkait dengan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.

  • PENDIDIKAN

    Berisi berbagai catatan untuk mendukung dan mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kemampuan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

  • GALERI DAN FOTO

    Berisi tentang berbagai moment yang berhasil kami abadikan dengan kamera, selain itu dilengkapi pula dengan keterangan serta penjelasan dari obyek-obyek tersebut.

Pembagian Zaman GeoLogi


Skala waktu geologi digunakan oleh para ahli geologi dan ilmuwan untuk menjelaskan waktu dan hubungan antar peristiwa yang terjadi sepanjang sejarah Bumi. Tabel periode geologi yang ditampilkan di halaman ini disesuaikan dengan waktu dan tatanama yang diusulkan oleh International Commission on Stratigraphy dan menggunakan standar kode warna dari United States Geological Survey. Bukti-bukti dari penanggalan radiometri menunjukkan bahwa bumi berumur sekitar 4.570 juta tahun. Waktu geologi bumi disusun menjadi beberapa unit menurut peristiwa yang terjadi pada tiap periode. Masing-masing zaman pada skala waktu biasanya ditandai dengan peristiwa besar geologi atau paleontologi, seperti kepunahan massal. Sebagai contoh, batas antara zaman Kapur dan Paleogen didefinisikan dengan peristiwa kepunahan dinosaurus dan baerbagai spesies laut. Periode yang lebih tua, yang tak memiliki peninggalan fosil yang dapat diandalkan perkiraan usianya, didefinisikan dengan umur absolut.



1. Precambrian / Prekambrium : Zaman tertua dan terpanjang yang di tandai oleh pembentukan benua dan munculnya kehidupan di laut

2. Cambrian / Kambrium : Zaman Geologi yang ditandai dengan Evolusi Hewan dan kepunahan dari setengah invertebrata laut

3. Ordovician / Ordovicium : Zaman Geologi yang ditandai dengan Munculnya Vertebrata pertama dan invertebrata laut yang baru

4. Silurian / Silurium : Zaman Geologi yang ditandai dengan munculnya ikan yang memiliki rahang dan tumbuhan darat pertama

5. Devonian / Devonium : Zaman Geologi yang ditandai dengan munculnya Amfibia, serangga dan hewan darat pertama

6. Carboniferous / Carboniferus : Zaman Geologi yang ditandai dengan kemunculan Reptil dan serangga bersayap dan perkembangan tumbuhan

7. Permian / permium : Zaman Geologi yang ditandai dengan jumlah Reptil dan Amfibia yang unggul

8. Triassic / Triasik : Zaman Geologi yang ditandai dengan retaknya benua pertama secara besar-besar seperti sekarang

9. jurassic / jurasik : Zaman Geologi ketika Dinosaurus merajai dunia, laut atlantik terbentuk masa ini.

10. Cretaceous / Kretasius : Zaman Geologi yang ditandai dengan kepunahan 75 % spesies tumbuhan & hewan termasuk dinosaurus

11. Tertiary / Tersier : Zaman Geologi yang ditandai dengan diversifikasi dan dominasi mamalia

12. Quaternary / Kuaterner : Zaman Geologi yang paling baru dalam sejarah dunia, ditandai oleh zaman es dan manusia modern Sejak Terbentuk 4,6 Juta Tahun yang Lalu

TABEL WAKTU GEOLOGI


Tabel berikut memberikan ringkasan peristiwa-peristiwa utama dan karakteristik pada periode waktu yang membentuk skala waktu geologi. Seperti diagram di atas, skala waktu ini didasarkan pada International Commission on Stratigraphy. Tinggi tiap baris tidak menggambarkan rentang waktu tiap subdivisi waktu.

Eon

Era

Periode[1]

Kala/Seri

Peristiwa utama

Mulai, juta
tahun yang lalu[2]

Fanerozoikum

Kenozoikum

Neogen
[3]

Holosen

Akhir glasiasi dan kebangkitanperadabanmanusia.

0.011430 ± 0.00013[4]

Pleistosen

Berkembangnya dan selanjutnya punahnya banyakmamalia besar (megafauna Pleistosen). Evolusi manusia modern secara anatomis. Awal Zaman Esterkini.

1.806 ± 0.005 *

Pliosen

Iklim dingin dan kering.Australopitheca; banyak mamalia dan moluska yang saat ini ada mulai muncul. Homo habilis muncul.

5.332 ± 0.005 *

Miosen

Iklim moderat;Orogeny dibelahan utara.Mamalia dan familiaburung modern dikenali. Berbagaikuda danmastodonberkembang.Rumput tumbuh di mana-mana. Kerapertama muncul.

23.03 ± 0.05 *

Paleogen
[3]

Oligosen

Iklim hangat;Evolusi dan diversifikasi pada fauna pesat, terutama mamalia. Evolusi dan penyebaran utama berbagai jenistumbuhan berbunga modern.

33.9±0.1 *

Eosen

Mamalia kuno (mis.Creodont,Condylarth,Uintatheriidae, dll) berkembang. Munculnya beberapa keluarga mamalia "modern".Paus primitif terdiversifikasi.Rumput pertama.Ice capberkembang diAntarktika.

55.8±0.2 *

Paleosen

Iklim tropis.Tumbuhan modern muncul; Mamaliaterdiversikasi menjadi beberapa garis keturunan primitif menyusulkepunahan dinosaurus. Mamalia besar pertama (sampai seukuran beruang atau kuda nil kecil).

65.5±0.3 *

Mesozoikum

Kapur

Atas/Akhir

Tumbuhan berbungaberkembang, bersama dengan jenis-jenis baruinsekta. Ikanbertulang sejati (Teleostei) modern mulai bermunculan.Ammonita,Belemnoidea,Bivalvia rudist,Echinoidea danPorifera umum ditemukan. Banyak jenis barudinosaurus (mis.Tyrannosauridae,Titanosauridae,Hadrosauridae, dan Ceratopsidae) berkembang, jugaCrocodilia modern;mosasaurus danhiu modern muncul di laut. Burungprimitif perlahan menggantikanpterosaurus. Mamaliamonotremata,marsupialia andeutheriabermunculan.Gondwanaterpecah.

99.6±0.9 *

Bawah/Awal

145.5 ± 4.0

Jura

Atas/Akhir

Gymnospermae(terutamatumbuhan runjung,Bennettitales dansikas) dan paku-pakuan umum ditemukan. Banyak jenis dinosaurus, seperti sauropoda,carnosaurus, andstegosaurus. Mamalia kecil umum ditemukan.Burung pertama dan hewan melata bersisik (Squamata).Ichthyosaurus danplesiosaurusberkembang.Bivalvia, ammonitadan Belemnoideajuga banyak dijumpai. Bulu babisangat umum, jugalili laut, bintang laut, Porifera,Brachiopoda,Terebratulida, danRhynchonellida. TerpecahnyaPangaea menjadiGondwana danLaurasia.

161.2 ± 4.0

Tengah

175.6 ± 2.0 *

Bawah/Awal

199.6 ± 0.6

Trias

Atas/Akhir

Dinosaurusmendominasi:Archosaurus di daratan,Ichthyosaurus danNothosaurus di lautan, danPterosaurus di udara. Cynodontamenjadi lebih kecil dan lebih menyerupai mamalia; mamaliadan crocodiliapertama muncul.Dicrodiummerupakan flora umum di daratan. Banyak terdapat amfibiTemnospondylus .Ammonita sangat umum. Koral modern dan ikan bertulang sejati (Teleostei) muncul, dan juga banyakinsekta.

228.0 ± 2.0

Tengah

245.0 ± 1.5

Bawah/Awal

251.0 ± 0.4 *

Paleozoikum

Perm

Lopingian

Daratan bergabung menjadi superbenuaPangaea, membentukPegunungan Appalachia. Akhir tahap glasial Permo-Carboniferous.Reptilia Synapsida(Pelycosaurus danTherapsida) melimpah, sementaraparareptilia dan [AmfibiaTemnospondyliamasih umum ditemukan. Pada zaman Perm pertengahan, florazaman Karbon mulai digantikan oleh tumbuhan runjung (tumbuhan berbiji sejati pertama) dantumbuhan lumutsejati pertama.Kumbang danserangga bersayap dua berevolusi. Kehidupan laut berkembang di bagian terumbudangkal yang hangat;Brachiopoda(Productida danSpiriferida) ,Bivalva,Foraminifera, danamonit Orthoceridamelimpah.Kepunahan massalantara Perm dan Trias terjadi 251 juta tahun yang lalu: 95 persen kehidupan di bumi pun, termasuk seluruh trilobita,graptolita, danBlastoidea.

260.4 ± 0.7 *

Guadalupian

270.6 ± 0.7 *

Cisuralian

299.0 ± 0.8 *

Karbon[5]/
Pennsyl-
vanian

Atas/Akhir

Winged insectsradiate suddenly; some (esp.Protodonata andPalaeodictyoptera) are quite large.Amphibianscommon and diverse. Firstreptiles and coalforests (scale trees, ferns, club trees, giant horsetails,Cordaites, etc.). Highest-everoxygen levels.Goniatites, brachiopods, bryozoa, bivalves, and corals plentiful in the seas. Testate foramsproliferate.

306.5 ± 1.0

Tengah

311.7 ± 1.1

Bawah/Awal

318.1 ± 1.3 *

Karbon[5]/
Missis-
sippian

Atas/Akhir

Large primitive trees, first land vertebrates, and amphibious sea-scorpions live amidcoal-forming coastal swamps. Lobe-finnedrhizodonts are big fresh-water predators. In the oceans, earlysharks are common and quite diverse;echinoderms (esp.crinoids andblastoids) abundant. Corals,bryozoa, goniatitesand brachiopods (Productida,Spiriferida, etc.) very common. Buttrilobites andnautiloids decline.Glaciation in EastGondwana.

326.4 ± 1.6

Tengah

345.3 ± 2.1

Bawah/Awal

359.2 ± 2.5 *

Devon

Atas/Akhir

First clubmosses,horsetails andferns appear, as do the first seed-bearing plants (progymnosperms), first trees (the tree-fernArchaeopteris), and first (wingless)insects.Strophomenid andatrypidbrachiopods,rugose andtabulate corals, and crinoids are all abundant in the oceans. Goniatiteammonoids are plentiful, while squid-like coleoidsarise. Trilobites and armoured agnaths decline, while jawed fishes (placoderms, lobe-finned and ray-finned fish, and early sharks) rule the seas. Firstamphibians still aquatic. "Old Red Continent" ofEuramerica.

385.3 ± 2.6 *

Tengah

397.5 ± 2.7 *

Bawah/Awal

416.0 ± 2.8 *

Silur

Pridoli

First vascularplants (the whisk ferns and their relatives), firstmillipedes andarthropleurids on land. First jawed fishes, as well as many armouredjawless fish, populate the seas.Sea-scorpionsreach large size.Tabulate andrugose corals,brachiopods(Pentamerida,Rhynchonellida, etc.), and crinoidsall abundant.Trilobites andmollusks diverse;graptolites not as varied.

418.7 ± 2.7 *

Atas/Akhir (Ludlow)

422.9 ± 2.5 *

Wenlock

428.2 ± 2.3 *

Bawah/Awal (Llandovery)

443.7 ± 1.5 *

Ordovisium

Atas/Akhir

Invertebratesdiversify into many new types (e.g., long straight-shelledcephalopods). Early corals, articulatebrachiopods(Orthida,Strophomenida, etc.), bivalves,nautiloids,trilobites,ostracods,bryozoa, many types ofechinoderms(crinoids, cystoids,starfish, etc.), branchedgraptolites, and other taxa all common.Conodonts (earlyplanktonicvertebrates) appear. First green plants and fungi on land. Ice age at end of period.

460.9 ± 1.6 *

Tengah

471.8 ± 1.6

Bawah/Awal

488.3 ± 1.7 *

Kambrium

Atas/Akhir (Furongian)

Major diversification of life in theKambrium Explosion. Many fossils; most modern animalphyla appear. Firstchordates appear, along with a number of extinct, problematic phyla. Reef-buildingArchaeocyathaabundant; then vanish. Trilobites,priapulid worms,sponges, inarticulatebrachiopods(unhinged lampshells), and many other animals numerous.Anomalocarids are giant predators, while many Ediacaran fauna die out.Prokaryotes,protists (e.g.,forams), fungi andalgae continue to present day.Gondwanaemerges.

501.0 ± 2.0 *

Tengah

513.0 ± 2.0

Bawah/Awal

542.0 ± 0.3 *

Prakam-
brium

[6]

Protero-
zoikum

[7]

Neoprotero-
zoikum

Ediacaran

Good fossils of multi-celled animals. Ediacaran fauna (orVendobionta) flourish worldwide in seas. Trace fossils of worm-like Trichophycus, etc. Firstsponges and trilobitomorphs. Enigmatic forms include oval-shaped Dickinsonia, frond-shaped Charniodiscus, and many soft-jellied creatures.

630 +5/-30 *

Cryogenian

Possible "snowball Earth" period. Fossils still rare. Rodinialandmass begins to break up.

850 [8]

Tonian

Rodinia supercontinent persists.Trace fossils of simple multi-celled eukaryotes. First radiation of dinoflagellate-like acritarchs.

1000 [8]

Mesoprotero-
zoikum

Stenian

Narrow highly metamorphic belts due to orogeny as supercontinent Rodinia is formed.

1200 [8]

Ectasian

Platform covers continue to expand. Green algae colonies in the seas.

1400 [8]

Calymmian

Platform covers expand.

1600 [8]

Paleoprotero-
zoikum

Statherian

First complex single-celled life:protists with nuclei. Columbia is the primordial supercontinent.

1800 [8]

Orosirian

The atmosphere becameoxygenic. Vredefort and Sudbury Basin asteroid impacts. Muchorogeny.

2050 [8]

Rhyacian

Bushveld Formation occurs.Huronian glaciation.

2300 [8]

Siderian

Oxygen Catastrophe: banded iron formations result.

2500 [8]

Arkean
[7]

Neoarkean

Stabilization of most modern cratons; possible mantle overturn event.

2800 [8]

Mesoarkean

First stromatolites (probably colonialcyanobacteria). Oldest macrofossils.

3200 [8]

Paleoarkean

First known oxygen-producing bacteria. Oldest definitive microfossils.

3600 [8]

Eoarkean

Simple single-celled life (probably bacteriaand perhaps archaea). Oldest probablemicrofossils.

3800

Hadean
[7][9]

Pembentukan bumi (4570 jtl). Zircon, mineral tertua yang diketahui (4400 jtl).

c.4570


*****
http://id.wikipedia.org/wiki/Skala_waktu_geologi



1 komentar:

malik mengatakan...

walaupun agak kacau...semoga bermanfaat...

 
Copyright © 2010-2011 Malik Abdul Karim
Original Concept My Blogger Themes Support Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda