• ARTIKEL

    Pada kategori ini kami memuat tentang karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

  • GEOGRAFI

    Pada kategori ini kami memuat segala hal terkait dengan Geografi, yaitu terkait dengan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.

  • PENDIDIKAN

    Berisi berbagai catatan untuk mendukung dan mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kemampuan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

  • GALERI DAN FOTO

    Berisi tentang berbagai moment yang berhasil kami abadikan dengan kamera, selain itu dilengkapi pula dengan keterangan serta penjelasan dari obyek-obyek tersebut.

PERANGKAT KURIKULUM



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latarbelakang
Pembinaan kurikulum disekolah ditujukan untuk menjaga, memprertahankan dan mengupayakan agar kurikulum yang telah disusun dan diberlakukan berjalan sebagai mana mestinya, sehingga tujuan-tujuan pendidikan sesuai dengan tingkat dan jenisnya dapat dicapai oleh siswa.

B. tujuan
Tujuan membahas masalah ini agar dapat memahami bagian dari perangkat kurikulum dan komponen-komponen yang ada dalam kurikulum.

C. Metode
Metode yang digunakan rujukan perpustakaan


BAB II
PERANGKAT KURIKULUM

1. Tujuan Kurikulum Tujuan kurikulum pada hakikatnya adalah tujuan dari setiap program pendidikan yang akan diberikan kepada anak didik. Mengingat kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan, maka tujuan kurikulum harus dijabarkan dari tujuan umum pendidikan. Dalam sistem pendidikan nasional, tujuan umum pendidikan dijabarkan dari falsafah bangsa, yakni Pancasila. Pendidikan nasional berdasarkan pancasila bertujuan meningkatkan kualitas manusia indonesia, yakni manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.
Makna tujuan umum pendidikan di atas pada hakikatnya membentuk menusia indonesia yang bisa mandiri dalam konteks kehidupan pribadinya, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta berkehidupan sebagai mahluk yang berketuhanan Yang Maha Esa (beragama). Itulah sebabnya manusia indonesia yang diharapkan dan harus diupayakan melalui pendidikan adalah manusia yang bermoral, berilmu, berkepribadian dan beramal bagi kepentingan manusia, masyarakat, bangsa dan negara.
Berdasarkan hakikat dari tujuan di atas diturunkan atau dijabarkan sejumlah tujuan kurikulum mulai dari tujuan kelembagaan pendidikan, tujuan setiap mata pelajaran atau bidang studi sampai kepada tujuan-tujuan pengajaran. Rumusan tujuan kurikulum tersebut harus terlebih dahulu ditetapkan sebelum menyusun dan menentukan isi kurikulum, strategi pelaksanaan kurikulum dan penilaian/evaluasi kurikulum. Hal ini dilakukan mengingat
(a) tujuan berfungsi menentukan arah dan corak kegiatan pendidikan
(b) tujuan akan menjadi indikator dari keberhasilan pelaksanaan pendidikan
(c) tujuan menjadi pegangan dalam setiap usaha dan tindakan dari para pelaksana pendidikan.
Perhatikan contoh tujuan di bawah ini :

TUJUAN SMP (TUJUAN INSTITUSIONAL)

Pendidikan siwa agar :
1. menjadi warga negara yang baik, sebagai manusia yang utuh, sehat, kuat lahir batin.
2. menguasai hasil – hasil pendidikan umum yang merupakan kelanjutan dari tingkat pendidikan sebelumnya
3. memiliki bekal untuk dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan terjun ke masyarakat.

TUJUAN IPA DI SMP (KURIKULER)

1. Para siswa mengerti dan memahami konsep-konsep dasar IPA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
2. Para siswa dapat memiliki pengetahuan IPA sebagai bekal untuk melanjutkan studi dan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi.
3. Para siswa terampil menggunakan metode ilmiah untuk memahami gejala-gejala alam berdasarkan sifat – sifat dan hubungan hukum-hukumnya.
4. Para siswa dapat memimilik sifat ilmiah
5. Para siswa dapat bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungannya
6. Para siswa mencintai alam dan mengagungkan Penciptanya.

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM IPA
(Penjabaran dari tujuan kurikuler nomor satu)

1. Para siswa dapat memahami konsep tentang besaran pokok dan satuan dalam ilmu alam.
2. Para siswa memahami konsep zata dan energi serta perubahan-perubahan dan sifat – sifat zat.
3. Para siswa memahami konsep gerak dan konsep gaya
4. Para siswa dapat memahami konsep larutan dan sifat-sifat larutan
5. Para siswa memahami konsep suhu dan cara-cara pengukuruan suhu dan seterusnya.

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS (TIK)
( Penjabaran dari TIU nomor satu)

1. Para siswa dapat menyebutkan satuan panjang, satuan luas, dan satuan isi.
2. Para siswa dapat menyebutkan satuan waktu dan satuan massa
3. Para siswa dapat membedakan satuan waktu dengan satuan massa
4. Para siswa dapat memberi contoh satuan panjang, luas, isi , waktu, massa masing-masing dua buah
5. dan seterusnya.

2. Isi dan Struktur Kurikulum
Isi kurikulum berkenaan dengan pengetahuan ilmiah dan pengalaman belajar yang harus diberikan kepada siswa untuk dapat mencapai tujuan pendidikan. Dalam menentukan isi kurikulum baik yang berkenaan dengan pengetahuan ilmiah maupun pengalaman belajar disesuaikan dengan tingkat dan jenjang pendidikan, perkembangan yang terjadi dalam masyarakat menyangkut tuntutan dan kebutuhan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sudah barang tentu tidak lepas dari kondisi anak didik dalam pengertian pertumbuhan dan perkembangannya pada setiap jenjang dan tingkat pendidikana. Pengetahuan ilmiah pada hakikatnya adalah kebudayaan manusia, yakni hasil cipta-karya dan karsa manusia yang telah diterima secara universal.
Ada tiga pengetahuan dasar manusia, Pertama Pengetahuan benar-salah (logika), yakni pengetahuan yang berkenaan dengan ilmu yang telah diterima secara universal dan teruji kebenarannya melalui penelitian keilmuan. Kedua, pengetahuan baik-buruk atau etika, yakni pengetahuan yang berkenaan dengan nilai-nilai moral dan nilai sosial yang juga telah diterima di masyarakat sebagai acuan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Ketiga, pengetahuan yang berkenaan dengan indah jelek, yakni berkenaan dengan nilai-nilai seni. Sebagai akibat kebudayaan manusia, ketiga pengetahuan tersebut berkembang demikian pesat sehingga melahirkan beberapa cabang pengetahuan di muka bumi ini.
Ada beberapa alasan mengapa perlu dilakukan pilihan dalam menetapkan isi kurikulum. Alasan – alasan tersebut adalah :
- tugas dan tanggung jawab sekolah dalam mencerdaskan anak didik sangat terbatas, baik dari segi waktu maupun sumber-sumber yang tersedia. Tugas pokok sekolah hanya sebagian saja dari upaya mendewasakan anak atau pendidikan anak yang secara hakiki berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan di sekolah merupakan tahap lanjut dari pendidikan dalam keluarga, dan sebagai landasan bagi pendidikan di masyarakat. Oleh sebab itu keterbatasan ini menuntut pentingnya seleksi isi kurikulum sebagai program pendidikan.

a. Kriteria Memilih Isi Kurikulum
Ada beberapa kriteria yang dapat membantu para perancang kurikulum dalam menentukan isi kurikulum. Kriteria tersebut antara lain :
- Isi Kurikulum harus sesuai, tepat dan bermakna bagi perkembangan siswa. Artinya, sejalan dengan tahap perkembangan anak.
- Isi kurikulum harus mencerminkan kenyataan sosial, artinya sesuai dengan tuntutan hidup nyata dalam masyarakat.
- Isi kurikulum dapat mencapai tujuan yang komprehensif, artinya mengandung aspek intelektual, moral, sosial secara seimbang
- Isi kurikulum harus mengandung pengetahuan ilmiah yang tahan uji, artinya tidak cepat lapuk hanya karena perubahan tuntutan hidup sehari-hari.
- Isi kurikulum mengandung bahan pelajaran yang jelas, teori, prinsip, konsep yang terdapat di dalamnya bukan hanyaa sekadar informasi faktual.
- Isi kurikulum harus dapat menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Isi kurikulum disusun dalam bentuk program pendidikan yang nantinya dijabarkan dan dilaksanakan melalui proses pengajaran/pengalaman belajar anak didik. Sesuai dengan makan yang terkandung dalam pengertian kurikulum maka isi kurikulum bukan hanya pengetahuan ilmiah yang terorganisasikan dalam bentuk mata pelajaran/bidang studi saja tetapi juga kegiatan dan pengalaman yang diberikan kepada akan didik/siswa sebagai bagian yang integral dari proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.

3. Strategi Pelaksanaan Kurikulum
Komponen strategi pelaksanaan kurikulum memberi petunjuk bagaimana kurikulum itu dilaksanakan di sekolah. Kurikulum dalam pengertian program pendidikan masih dalam taraf niat/harapan/rencana yang harus diwujudkan secara nyata di sekolah sehingga mempengaruhi dan mengantarkan anak didik kepada tujuan pendidikan. Oleh sebab itu komponen strategi pelaksanaannya memegang peranan penting. Bagaimanapun baiknya kurikulum sebagai rencana , tanpa dapat diwujudkan pelaksanaannya tidak akan membawa hasil yang diharapkan. Ada beberapa unsur dalam strategi pelaksanaan kurikulum atau penilaian.

a. Proses Belajar Mengajar
pelaksanaan kurikulum pada hakikatnya mewujudkan program pendidikan agar berfungsi mempengaruhi anak didik/siswa menuju tercapainya tujuan pendidikan. Bagaimanapun baiknya program pendidikan (kurikulum) tanpa dapat diwujudkan dan diupaykan mempengaruhi pribadi anaka didik, maka nilai-nilai yang terkandung di dalamnya akan sia.sia. salah satu wujud nyata dari pelaksanaan kurikulum adalah proses belajar mengajar. Dengan perkataan lain proses belajar mengajara adalah operasionalisasi dari kurikulum.
Sedangkan komponen-komponen yang harus terdapat dalam proses belajar mengajar untuk digerakkan supaya anak didik/siswa mencapai tujuan pengajaran adalah :
a. bahan pengajaran atau isi pengajaran
b. metode mengajar dan alat bantu pengajaran
c. penilaian atau evaluasi.

Komponen bahan pengajaran berfungsi memberikan isi terhadap tujuan pengajaran, metode dan alat bantu pengajaran berfungsi sebagai alat untuk mengantarkan bahan pengajaran menuju tujuan pengajaran, dan penilaian berfungsi untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pengajaran.

b. Bimbingan Penyuluhan
Proses belajar mengajar sebagai operasional dari kurikulum tidak selamanya berjalan seperti yang diharapkan. Bahkan sering kali mengalami kegagalan, dalam arti siswa tidak dapat menguasai dan mencapai tujuan-tujuan pendidikan/pengajaran. Kegagalan tersebut mungkin disebabkan oleh keadaan yang terdapat dalam pribadi anak didik itu sendiri mungkin pula oleh keadaan yang ada diluar dirinya/lingkungannya.
Keadaan yang terdapat dalam diri anak didik seperti gangguan fisik, misalnya sakit-sakitan, kurang pendengaran atau penglihatan, gangguan mental misalnya dalam keadaan stress, emosinya terganggu, dan faktor psikologis lainnya, seperti kemampuan, minat, sikap, kebiasaan, dan lain-lain. Keadaan dan kondisi seperti di atas tidak mendukung hasil belajar yang optimal bahkan sebaliknya bisa menimbulkn kegagalan belajar.
Sedangkan faktor dari luar dirinya antara lain keadaan keluarga, misalnya sosial ekonomi orang tua menuntut anaknya membantu mencari nafkah, keluarga besar sehingga waktu belajar tersita untuk mengasuh adiknya, ketegangan sosial dalam rumah tangga akibat padatnya anggota keluarga, kurang bimbingan orang tua karena kesibukan, keluarga broken home, dan lain-lain.
Hal ini, disebabkan pula oleh kondisi sekolahanya yang kurang, pengajaran tidak merangsang anak untuk berpikir, dan faktor-faktor lainnya. Kendala di atas sedapat mungkin harus diatasi sehingga memungkinkan siswa dapat mencapai tujuan belajarnya. Upaya mengatasi kendala tersebut ditempuh melalui suatu kegiatan yang dinamakan bimbingan penyuluhan yang ditangani oleh petugas khusus, yakni kounselor/tenaga pembimbing di sekolah.

c. Administrasi dan Supervisi
Pelaksanaan kurikulum menuntut adanya upaya bersama yang terencana, terpola dan terprogram agar tujuan pendidikan dapat dicapai secara optimal. Upaya tersebut berkenaan dengan administrasi, yakni usaha yang mendayagunakan semua sumber baik material maupun personal secara efektif dan efisien.
Wujud operasional kegiatan administrasi di sekolah mencakup bidang pengajaran, bidang kesiswaan, bidang ketenagaan,bidang keuangan, bidang peralatan pengajaran, bidang perlengkapan sekolah dan bidang hubungan sekolah dan masyarakat. Penanganan bidang kegiatan administrasi di atas menjadi tugas dan tanggung jawab administrator sekolah, yakni Kepala Sekolah. Sedangkan adminstrator dalam lingkup kelas menjadi tugas dan tanggung jawab guru.
Keberhasilan administrasi pendidikan di sekolah satu di antaranya bergantung kepada kemampuan atau kompetensi administrator. Minimal ada tiga kompetensi yang diperlukan, yakni kompetensi kognitif, afektif, dan kompetensi psikomotor.

d. Sarana Kurikuler
Ada pendapat yang mengatakan bahwa sarana tidak dipandang sebagai unsur dari strategi pelaksanaan kurikulum, sebab sifatnya teknis tidak akademis.
Namun kenyataannya banyak menunjukkan, kegagalan kurikulum disebabkan kurangnya dukungan sarana seperti ruangan kelas, laboratorium, buku pelajaran, tenaga guru, dana, perlengkapan sekolah dan lain-lain. Ini berarti, meskipun sarana lebih bersifat teknis namun mempunyai kontribusi yang tinggi terhadap pelaksanaan kurikulum. Sarana kurikuler yang termasuk penting dalam menunjang pelaksanaan kurikulum antara lain adalah sarana intruksional, sarana material, sarana personil.

e. Penilaian Hasil Belajar
Untuk menetapkan berhasil tidaknya anak didik/siswa mencapai tujuan-tujuan pengajaran diperlukan tindakan penilaian/evaluasi. Dengan tindakan penilaian dapat diketahui tingkat penguasaan tujuan pengajaran oleh siswa dalam bentuk hasil belajar yang dicapainya dan dapat memberikan umpan balik kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses belajar mengajar atau untuk remedial program bagi siswa.
Penilaian hasil belajar dilakukana oleh guru dalam dua tahun. Tahap pertama penilaian yang dilakukan pada akhir program belajar mengajar yang sering disebut penilaian formatif. Tujuan penilaian lebih diutamakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar bukan untuk menentukan angka kemajuan belajar siswa. Hasil belajar yang dicapai siswa setelah program belajar mengajar selesai digunakan guru untuk memperbaiki tindakan mengajarnya.
Apabila hasilnya masih kurang, guru berkewajiban mengulang kembali bahan pelajaran tersebut sebelum dilanjutkan mengajarkan bahan lainnya.

4. Evaluasi Kurikulum
Evaluasi kurikulum dimaksudkan menilai suatu kurikulum sebagai program pendidikn untuk menentkan efisiensi, efektivitas, relevansi dan produktivitas program dalam mencapai tujuan pendidikan.
Efisiensi berkenaan dengan penggunaan waktu, tenaga, sarana dan sumber-sumber lainnya secara optimal. Efektivitas berkenaan dengan pemilihan atau penggunaan cara atau jalan utama yang paling tepat dalam mencapai suatu tujuan. Relevansi berkenaan dengan kesesuaian suatu program dan pelaksanaannya dengan tuntutan dan kebutuhan baik dari kepentingan masyarakat maupun yang dicapai dari suatu program.
Kurikulum sebagai program pendidikan untuk anak didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dapat dinilai dari sudut sistem. Kurikulum sebagai sistem dapat diidentifikasi;
a) masukan atau imput program,
b) proses pelaksanaan program,
c) hasil atau output/outcome program
d) dampak dari program.

Dari sudut ini maka ruang lingkup atau objek dari evaluasi semua sumber daya yang dapat menunjang program pendidikan , seperti dana, sarana, tenaga, konteks sosial dan penilaian terhadap siswa sebelum menempuh program.
Evaluasi proses mencakup penilaian terhadap strategi pelaksanan kurikulum mencakup proses belajar mengajar, bimbingan dan penyuluhan , adminitrasi supervisi, sarana intruksional, penilaian hasil belajar.
Evaluasi output/outcome adalah penilaian terhadap lulusan pendidikan baik secara kualitatif maupun kuantitatif, sesuai dengan program yang ditempuhnya.
Evaluasi dampak kurikulum, artinya penilaian terhadap kemampuan lulusan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya sesuai dengan profesi yang disandangnya.
Evaluasi kurikulum bertujuan memperbaiki dan menyempurnakan program pendidikan untuk siswa dan strategi bagaimana program itu harus dilaksanakan. Pembahasan lebih lanjut mengenai evaluasi kurikulum dibahas dalam bab tersendiri.

D. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
1. Pengertian
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan materi pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional dan siswa. Oleh karena itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyeseuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh/dan dilaksanakan masing-masing satuan pendidikan.
KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkt satuan pendidikan, struktura dan muatan kerukulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
Panduan pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan siswa untuk :
a. belajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. belajar memahami dan menghayati
c. belajar mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
d. belajar hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
e. belajar membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Program pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus diimplementasikan oleh guru dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP yang memuat hal – hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu kompetensi dasar, merupakan pegangan guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajara, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajarana, sumber belajar, dan evaluasi.

Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A. Identitas:
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar :
Indikator :
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu :

B. Tujuan Pembelajaran
C. Materi Pembelajaran
D. Metode Pembelajaran
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pertemuan 2
Dst
F. Sumber Belajar
G. Alat dan Bahan
H. Evaluasi


BAB III
PENUTUP
a. Kesimpulan
Apabila kurikulum diurai secara struktural, maka akan terdapat paling tidak ada empat komponen utama, yakni tujuan, isi dan struktur monogram, strategi pelaksanaan, dan komponen evaluasi.
Keempat komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain sehingga mencerminkan satu kesatuan utuh sebagai program pendidikan yang berfungsi mengatur proses rencana pembelajaran.
1. Tujuan Kurikulum
Tujuan kurikulum pada hakikatnya adalah tujuan dari setiap program pendidikan yang akan diberikan kepada anak didik.
2. Isi dan Struktur Kurikulum
Isi kurikulum berkenaan dengan pengetahuan ilmiah dan pengalaman belajar yang harus diberikan kepada siswa untuk dapat mencapai tujuan pendidikan.
3. Strategi Pelaksanaan Kurikulum
Komponen strategi pelaksanaan kurikulum memberi petunjuk bagaimana kurikulum itu dilaksanakan di sekolah.
4. Evaluasi Kurikulum
Evaluasi kurikulum dimaksudkan menilai suatu kurikulum sebagai program pendidikn.

B. SARAN
Dalam pembuatan makalah ini mungkin masih terdapat beberapa kesalahan baik dari isi dan cara penulisan.
Untuk itu kami sebagai penulis mohon maaf apabila pembaca tidak merasa puas dengan hasil yang kami sajikan, dan kritik beserta saran juga kami harapkan agar mampu menjadi guru dalam memperbaiki penulian makalah kami.

DAFTAR PUSTAKA

Depertemen Pendidikan Nasional.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Lukman hakim.2004. Perencanaan Pembelajaran.Bandung: CV Wacana Prima
Nana Sudjana.1994.Dasar –Dasar Pembinaan Kurikulum.Bandung: IKIP
Nana Sudjana.2002. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Disekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo



0 komentar:

 
Copyright © 2010-2011 Malik Abdul Karim
Original Concept My Blogger Themes Support Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda