• ARTIKEL

    Pada kategori ini kami memuat tentang karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

  • GEOGRAFI

    Pada kategori ini kami memuat segala hal terkait dengan Geografi, yaitu terkait dengan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.

  • PENDIDIKAN

    Berisi berbagai catatan untuk mendukung dan mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kemampuan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

  • GALERI DAN FOTO

    Berisi tentang berbagai moment yang berhasil kami abadikan dengan kamera, selain itu dilengkapi pula dengan keterangan serta penjelasan dari obyek-obyek tersebut.

Sumber Daya Alam


Sumber daya alam adalah segala sumber alam yang memiliki potensi (daya) dan kemungkinan memberikan kesejahteraan dengan berbagai bentuk kemudahan bagi kelangsungan hidup manusia. Tolak ukur sumber daya alam adalah dapat memberikan kemudahan dan kesejahteraan bagi manusia, maka keberadaannya tergantung dari tingkat kenyamanan hidup manusia pula. Selama keterkaitan yang saling menguntungkan ini tetap terjalin, maka keberadaan pengelolaan sumber daya alam di suatu tempat masih layak ada dan layak disebut sumber daya alam. Sumber daya alam yang ada di permukaan bumi banyak sekali ragamnya, sumber daya alam dibagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya adalah segala sesuatu yang berguna dan mempunyai nilai di dalam kondisi di mana kita menemukannya. Sesuatu yang belum diketahui manfaatnya tidak dapat dikatakan sebagai sumber daya karena tidak mempunyai nilai. Sebaliknya, sesuatu yang meskipun ada gunanya tetapi tersedia dalam jumlah yang relatif besar dibanding dengan permintaan, juga bukan merupakan sumber daya. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam sekitar yang merupakan hasil bentukan alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Penggolongan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua berdasarkan kelestarian pemanfaatannya sebagai berikut.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui ialah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan lagi setelah pemakaian karena kemampuan pembaharuan kembali dalam waktu relatif cepat sehingga sumber daya alam ini tidak akan habis.

- Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah air, tanah, tumbuh-tumbuhan, dan hewan.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaruhi adalah sumber daya alam jika digunakan secara terus-menerus, maka lama-kelamaan akan habis dan tidak dapat dihasilkan sendiri oleh manusia.

- Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah berbagai barang tambang, mineral logam, mineral bukan logam dan mineral penghasil energi.

Sumber daya alam yang selalu tersedia adalah sumber daya yang tidak akan habis dan tidak memerlukan usaha yang besar untuk bisa mendapatkan sumber daya ini.

- Contoh sumber daya yang selalu tersedia adalah udara yang bergerak atau angin, sinar matahari.

Menurut proses terbentuknya sumber daya alam dapat digolongkan menjadi tiga, sebagai berikut.

  1. Sumber Daya Biotik

Sumber daya biotik adalah sumber daya yang terbentuk karena adanya proses kehidupan seperti tumbuh dan berkembang biak, misalnya tumbuh-tumbuhan dan hewan.

  1. Sumber Daya Fisik

Sumber daya fisik adalah sumber daya yang terbentuk karena adanya proses fisik dan kekuatan alam, misalnya tanah, air, udara dan barang-barang tambang.

  1. Sumber Daya Alam Lingkungan

Sumber daya lingkungan adalah perpaduan antara sumber daya fisik dan sumber daya biotik yang dapat membentuk suatu lingkungan tertentu, misalnya lingkungan pegunungan, lembah, pantai, gunung api, dan panorama alam yang lain.

Sumber daya alam menurut nilai kegunaannya atau sumber daya ekonomis dapat dibedakan menjadi tiga, sebagai berikut.

  1. Sumber daya alam ekonomis tinggi

Sumber daya alam yang cara mendapatkannya diperlukan biaya yang besar. Contohnya adalah mineral- mineral logam mulia seperti emas, perak, dan intan.

  1. Sumber daya alam ekonomis rendah

Sumber daya alam yang cara mendapatkannya dengan biaya yang cukup murah dan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. Contohnya adalah bahan-bahan bangunan seperti pasir, batu, dan gamping.

  1. Sumber daya alam non-ekonomis

Sumber daya alam yang cara mendapatkannya tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali atau dengan kata lain tanpa pengorbanan serta tersedia dalam jumlah tidak terbatas.

Contohnya adalah udara, suhu, sinar matahari, dan angin



 
Copyright © 2010-2011 Malik Abdul Karim
Original Concept My Blogger Themes Support Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda