• ARTIKEL

    Pada kategori ini kami memuat tentang karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

  • GEOGRAFI

    Pada kategori ini kami memuat segala hal terkait dengan Geografi, yaitu terkait dengan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.

  • PENDIDIKAN

    Berisi berbagai catatan untuk mendukung dan mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kemampuan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

  • GALERI DAN FOTO

    Berisi tentang berbagai moment yang berhasil kami abadikan dengan kamera, selain itu dilengkapi pula dengan keterangan serta penjelasan dari obyek-obyek tersebut.

KAJIAN BUKU AJAR GEOGRAFI SMA/MA KELAS X



1. RINGKASAN BUKU AJAR

Judul Buku Ajar : Geografi 1 untuk SMA/MA Kelas X
Penyusun : Danang Endarto, Sarwono, dan Singgih Prihadi
Tahun Terbit : Februari 2009
Penerbit : Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional
Jumlah Halaman : vi + 210 halaman; 25 cm
Kata Sambutan
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I DASAR-DASAR ILMU GEOGRAFI
Peta Konsep Materi Ajar
A. Definisi Geografi
Berisi definisi geografi secara etimologi dan 8 pengertian secara terminologi.
B. Objek Studi Geografi
Memuat dua objek studi geografi, yaitu objek material dan formal. Objek material berupa geosfer dan objek formal berupa sudut pandang dengan analisis 5W1H.
C. Ruang Lingkup Ilmu Geografi
Mengungkapkan tiga ruang lingkup studi geografi, (1) yaitu region, (2) interaksi antara manusia dengan lingkungan fisik, dan (3) persebaran dan kaitan antara penduduk dengan aspek keruangannya.
D. Pendekatan Penelitian Geografi
Membahas tiga pendekatan geografi, yaitu (1) pendekatan keruangan (spatial), (2) pendekatan ekologi (environment), dan (3) kompleks wilayah.
E. Konsep Esensial Geografi
Menjelaskan sepuluh konsep esensial geografi, yaitu (1) Lokasi, (2) Jarak, (3) Keterjangkauan, (4) Pola, (5) Morfologi, (6) Aglomerasi, (7) Nilai Kegunaan, (8) Interaksi-Interdependensi, (9) Diferensiasi Area, (10) Keterkaitan keruangan.
F. Prinsip-Prinsip Geografi
Menguraikan empat prinsip geografi, yaitu: (1) prinsip distribusi, (2) interelasi, (3) deskripsi, dan (4) prinsip korologi.
G. Ilmu Penunjang Geografi
Berisi beberapa ilmu penunjang geografi dalam mengkaji objeknya, baik aspek fisik maupun sosial, seperti geomorfologi, geologi, geografi manusia, sosiologi, ekonomi, dll.
H. Aspek-Aspek Geografi dan Gejala-Gejala dalam Kehidupan
Menguraikan tentang aspek-aspek geografi, yaitu aspek geografi fisik, geografi manusia, dan geografi regional. Gejala geografi sehari-hari yang disajikan adalah cuaca, iklim, gempa bumi, vulkanisme dan angin.
Pada bagian akhir bab I disajikan Tugas, Refleksi, Rangkuman dan Uji Kompetensi.

BAB II BUMI DAN TATA SURYA
Peta Konsep Materi Ajar
A. Alam Semesta
Uraian yang disajikan meliputi pengertian alam semesta, empat teori terbentuknya alam semesta, deskripsi anggota alam semesta seperti galaksi dan bintang.
B. Terbentuknya Bumi dan Tata Surya
Menyajikan lima teori terbentuknya bumi dan tata surya, yaitu teori nebula, tidal, planetesimal, bintang kembar dan awan debu.
C. Tata Surya
Deskripsi mengenai anggota-anggota dari sistem tata surya (matahari; planet; asteroid; komet; meteor; satelit), hukum peredaran planet, dan gerhana.
D. Bumi Sebagai Planet
Menjelaskan sejarah perkembangan muka bumi secara teori dari beberapa ahli, karakteristik pelapisan bumi, umur bumi, keadaan bumi, struktur bumi, unsur pembentuk bumi, rotasi dan revolusi bumi beserta akibatnya.
Pada bagian akhir bab II disajikan Tugas, Refleksi, Rangkuman, Uji Kompetensi dan Latihan Ulangan Semester 1.
BAB III PEDOSFER DAN LITOSFER
Peta Konsep Materi Ajar
A. Tanah (Pedosfer)
Menguraikan pengertian tanah, proses terbentuknya tanah, dan komposisi tanah.
B. Profil Tanah
Menjelaskan lapisan tanah, tekstur tanah, permeabilitas, dan solum tanah.
C. Jenis dan Persebaran Tanah di Indonesia
Menyajikan sebelas jenis tanah di Indonesia beserta sifat, persebaran dan manfaatnya.
D. Kesuburan Tanah di Indonesia
Mendeskripsikan ciri-ciri tanah subur dan kurang subur.
E. Erosi Tanah dan Dampaknya terhadap Kehidupan
Menguraikan macam-macam erosi, penyebab erosi, cara mencegah erosi dan dampak erosi terhadap kehidupan.
F. Manfaat Tanah Sebagai Lahan Potensial
Memerinci lahan potensial dan upaya pelestariannya dan lahan kritis beserta upaya penanggulangannya.
G. Litosfer
Mengkaji mengenai pengertian litosfer, dan tiga jenis batuan pembentuk litosfer.
H. Tenaga Geologi
Memerinci tenaga pembentuk muka bumi, yaitu endogen (tektonisme; vulkanisme; seisme) dan eksogen (pelapukan; pengendapan) beserta bentukan, akibat dan manfaatnya .
Pada bagian akhir bab III disajikan Tugas, Refleksi, Rangkuman dan Uji Kompetensi.
BAB IV ATMOSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN
Peta Konsep Materi Ajar
A. Atmosfer
Menyajikan pengertian atmosfer, lapisan atmosfer, dan manfaat atmosfer.
B. Gejala Alam Yang Ada di Atmosfer dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan
Menjelaskan gejala alam dalam atmosfer, yaitu cuaca, iklim, unsur-unsur cuaca dan iklim (temperatur; tekanan udara; kelembaban udara; angin; awan; hujan), pola iklim di Indonesia, dan klasifkasi iklim.
C. Kaitan Antara Cuaca dan Iklim Terhadap Kehidupan
Menguraikan kaitan iklim terhadap kehidupan manusia, binatang dan tumbuhan.
D. Manfaat Iklim dan Cuaca dalam Kehidupan Sehari-hari
Memerinci manfaat memahami informasi iklim pada bidang pertanian, transportasi, pariwisata dan industri.
Pada bagian akhir bab IV disajikan Tugas, Refleksi, Rangkuman dan Uji Kompetensi
BAB V HIDROSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN
Peta Konsep Materi Ajar
A. Pengertian Hidrosfer
Menyajikan posisi dan komposisi air di bumi, ilmu yang mempelajari tentang air dan siklus hidrologi.
B. Bentuk-Bentuk Air Permukaan dan Air Tanah
Memerinci lokasi air di permukaan bumi, yaitu sungai, danau, rawa, gletser menyangkut cara terjadi dan manfaatnya. Di kaji pula tentang air tanah, menyangkut asal, kedalaman, macam, manfaat dan pelestarian air tanah.
C. Perairan Laut
Materi yang disajikan adalah kadar garam air laut, warna air laut, klasifikasi laut, relief dasar laut, gelombang laut, dan manfaat laut bagi kehidupan.
D. Batas Zone Ekonomi Eksklusif, Laut Teritorial, dan Landas Kontinen
Diulas mengenai laut teritorial, batas landas kontinen, dan ZEE.
E. Pantai dan Pesisir
Mendeskripsikan tentang pantai dan pesisir.
Pada bagian akhir bab V disajikan Tugas, Refleksi, Rangkuman, Uji Kompetensi dan Latihan Ulangan Akhir Tahun.
2. KAJIAN BUKU AJAR
A. Cakupan Materi
1. Cakupan materi luas, mendalam dan tersaji secara rinci namun tidak terlalu melebar yang bisa berakibat tidak fokus nya penyajian materi sehingga dapat mempengaruhi ketebalan buku.Buku ini tidak terlalu tebal untuk dipakai dalam satu tahun, dan sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kelas X SMA/MA. Kedalaman materi yang spesifik itu dapat ditemukan dengan disajikannya peta konsep (Lihat hal 8 tentang Peta Konsep Dasar-dasar ilmu Geografi) bahkan sebelum masuk Bab berikutnya selalu ditemukan Peta Konsep yang disajikan diawal sebelum memperlajari Bab yang baru, sehingga akan banyak membantu siswa dalam memahami materi ajar. Buku ini mengembangkan wawasan global dengan adanya kolom “Berpikir Kritis” contoh: Buatlah paper tentang anggapan bahwa planet Pluto sudah bukan lagi planet dengan mencari fakta-fakta pendukung, kasus tsunami di Aceh, kolom-kolom kecil yang seperti “Info Geo”. Disamping mengembangkan wawasan global juga mendorong siswa dalam pengembangan civic knowledge seperti sikap sebagai warga negara Indonesia yang baik.
B. Akurasi Materi
1. Kebenaran dan ketepatan fakta menunjukkan sesuatu yang bermutu dengan mencantumkan daftar pustaka maupun gambar yang membantu ilustrasi siswa dengan mencantukan sumber dibawah gambarnya.
Kebenaran dan ketepatan konsep baik,
Kebenaran dan ketepatan teori baik,
Kebenaran dan ketepatan hukum/prinsip baik,
Ketepatan dan kebenaran prosedur sudah sesuai dengan kaidah penulisan buku ajar adanya kata sambutan, kata pengantar dari penulis, daftar isi yang dilengkapi dengan halaman pendukung seperti daftar pustaka, daftar gambar daftar tabel, glosarium dn indeks subyek dan pengarang.
Ketepatan nilai sudah baik.
C. Kemutahiran Materi
1. Materi sesuai dengan perkembangan ilmu yang terus berubah seiring dengan perkembangan jaman dan disesuaikan sehingga tampil up to date berdasarkan fakta-fakta kejadian, misal Gempa Tsunami di Aceh. Penggunaan fitur/contoh-contoh/ilustrasi aktual
2. Menggunakan rujukan baru, sudah menggunakan rujukan dan konsep2 yang baru disesuaikan dengan perkembangan zaman
3. Mengembangkan kecakapan akademik, kecakapan akademik telah dikembangkan dengan tugas tugas terstruktur yang telah ada pada setiap bahasan untuk mengembangkan kecakapan akademik
4. Mengembangkan kecakapan personal, kecakapan personal suidah dikembangkan melalui tugas indifidu yang lebih kontekstual dan dapat disesuaikan dengan keadaan yang ada pada setiap siswa secara personal
5. Mengembangkan kecakapan sosial, yang ditampakkan pada kegiatan siswa dengan melihat kondisi alam sekitar, contoh: halaman 109 dengan perintah: Buatlah karangan singkat dengan tema: “Bagaimana menjadikan gunung api sebagai sahabat bagi kita?”
6. Mengembangkan kecakapan kewarganegaraan, materi yang tersusun mengandung nilai-nilai kewarganegaraan yang mencirikan negara Indonesia seutuhnya dengan pengembangan wawasan nusantara
7. Menumbuhkan semangat inovasi, siswa selalu diminta untuk lebih kreatif dalam befikir dengan menciptakan pertanyaan-pertanyaan yang membuat siswa menjadi ingin tahu dalam memahami suatuui hal.
8. Menumbuhkan semangat kewirausahaan, etos kerja, dan daya saing. Dengan materi-materi geografi yang ada contohny materi tentang Hidrosfer (air) maka siswa seacra tidak langsung dibimbing untuk memajukan daerah wisata air yang ada di wilayah Indonesia.
D. Penyajian Pembelajaran
a. Penyajian Pembelajaran
1. Menggunakan alat pemusat perhatian, dengan gambar dan bagan yang baik maka perahtian siswa untuk membaca akan terpusat.
2. Menerapkan prinsip perulangan, materi yang telah disajikan tetap dirangkum dan tercantum point-point pengertian yang ada.
3. Mendorong partisipasi aktif peserta didik, baanyak tugas yang mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran
4. berpusat pada peserta didik, peserta didik selalu dijadikan sebagai pusat, baik sebagai pusat belajar dan pusat berfikir yang aktif
5. Merangsang berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Rancangan materi yang ada selalu mengajak siswa untuk dapat menganalisis dengan baik, yang nantinya membuat siswa dapat lebih berpikir kritis, kreatif dan inovatif
6. Penyajian bersifat komunikatif dan interaktif. Materi yang disajikan sudah bisa untuk mengajak siswa untuk berkomunikasi dengan baik, banyak paparan-paparan yang disajikan untuk dapat membuat siswa lebih interaktif
7. Sajian/pembahasan tidak bias jender, materi yang disajikan tidak mementingkan nilai yang tinggi pada gennder tertetu, semua dianggap rata dan sama.
8. Tidak mempertentangkan sara, pada buku ini tidak ada yang menghina atau meninggikan golongan tertentu.
9. Menyediakan umpan balik dan penguatan, buku ini term,asuk buku yang interaktif oleh karenanya umpan balik yang disajikan cukup menarik.
10.Membatasi materi yang tidak relevan, walaupun materi dalam buku ini cukup banyak tetapi hanya materi yang relevan saja yang disajikan.
E. Rangsangan Keingintahuan
1. Sebelum diuraikan materi secara rinci, ditampilkan dulu pada bagian awal Bab secara keseluruhan melalui peta konsep, hal ini bermanfaat untuk mempersiapkan mental agar berkeinginan untuk lebih tahu memperlajari sub-sub bagian selanjutnya sehingga mendorong peserta didik untuk belajar lebih jauh sehingga kemampuan siswa secara utuh dapat berkembang kecerdasannya, baik secara knowledge, afekfif maupun psikomotorik. Contoh kegiatan yang mengembangkan kemampuan meneliti (Halaman 152) dengan kegiatan: Pengamatan di sekitar tempat tinggal siswa yang memanfaatkan cuaca dan iklim untuk kegiatan industri. Disamping itu juga dicantumkannya kata kunci sehingga merangsang siswa untuk mengetahui lebih dalam, yang dipadu pula dengan kolom motivasi, yang membantu memperluas cakrawala keilmuan, ditinjau dari aspek geografi.
F. Kandungan Wawasan Kontekstual
a. Relevan dengan lingkungan peserta didik
1. Mendorong peserta didik menerapkan pengetahuan, dengan adanya ugas terstruktur dan evaluasi maka buku ini dapat mendorong peserta didik mnerapkan pengetahuannya.
2. Mendorong peserta didik mentransfer pengetahuan. Tranfer pengetahuan dapat dilakukan ketika rasa ingin tahu muncul setelah siswa membaca buku ini dengan baik
3. Mendorong peserta didik mengalami dan menemukan sendiri pengetahuan, inquiri pada buku ini dirasa baik. Materi yang dipaparkan memancing sebuah pertanyaan bagi siswa untuk memenuhi rasa ingin tahunya dan akhirnya siswa dapat menemukan pengetahuannya
4. Mendorong kerjasama, ada banyak tugas kelompok yang mampu membuat siswa melakukan kerja sama dalam sebuah kelompok belajar.
5. Apresiasi terhadap keanekaragaman, dengan mate yang beragam maka siswa dapat melakukan apresiasi yang beragam
6. Apresiasi terhadap kemajemukan, materi yang dipaparkan dalam buku ini sangat memberikan contoh sebuah kemajemukan. Nalar yang baik siswa dan rasa ingin tahunya akan dapat membuat apresiasi siswa lebih meningkat.
7. Apresiasi terhadap potensi/kekayaan daerah. Kekayaan dan potensi daerah pada buku ini sering dijadkan contoh dalam apersepsi dan motivasi setiap awal pembuka setiap materi pokok yang baru.
G. Teknik Penyajian Materi
a. Sistematika sajian setiap bab utuh/lengkap
1. Kelogisan sajian. Materi yang disajikan sangat logis dan sesuai dengan fakta yang ada di dunia ini
2. Keruntutan sajian, materi yang disajikan runtut dan sesuai dengan kurikulum yang telah ada
3. Keseimbangan sajian materi, materi yang disajikan sudah cukup seimbang antara apersepsi, materi inti samapi kepada kesimpulan, evaluasi dan rangkuman.
H. Pendukung Penyajian Materi
1. Kesesuaian ilustrasi dengan materi yang disjikan
Menuliskan rujukan/sumber pada setiap ilustrasi , (sudah ada)
Menuliskan nomor dan identitas gambar, tabel, grafik, dan lampiran secara benar seperti dicantumkannya sumber dibawahnya. (sudah ada)
Kata Pengantar pada bagian depan buku (sudah ada)
Glosarium (daftar istilah penting) (sudah ada)
Indeks (subjek dan pengarang) (sudah ada)
Daftar Pustaka (sudah ada)
Rangkuman disajikan diakhir Bab untuk mengingatkan kembali materi yang dipelajari diawal, dan kemampuan siswa dapat diukur dengan Uji Kompetensi, namun dalam buku ini tidak ada kuncinya, dan petujuk penggunaan latihan sebagai alat ukur kematangan materi siswa dalam penguasaan kompetensinya.
I. Kesesuaian Dengan Perkembangan Serdik
1. Kesesuaian dengan perkembangan pikir peserta didik, kesesuaian dengan tingkat perkembangan sosial/emosional
2. Kesesuaian dengan perkembangan pikir peserta didik, buku ini memberikan pemahaman terhadap pokok bahasan dengan melihat perkembangan pola pikir siswa diwujudkan dengan gambaran untuk memberikan pemahaman yang utuh dan lebih jelas.
3. Kesesuaian dengan tingkat perkembangan sosial/ emosional, buku ini memberikan perkembangan emosial untuk melihat realitas yang terjadi dilingkungan tempat tinggal dalam menghadapi setiap masalah yang ditimbulkan dan berdampak terhadap kehidupan manusia : bencana alam, tsunami, tanah logsor,gempa bumi dll.
J. Kemampuan Komunikasi dan Interaksi
1. Pesan yang disampaikan mudah dipahami serdik, dlm buku ini mengulas pokok pembahasan materi dengan jelas memuat pokok - pokok pikiran yang penting .
2. Memotivasi serdik untuk merespon pesan, pesan yg disampaikan kepada peserta didik sangat jelas misal: pokok permasalahan tsunami, air tanah, dan manfaat laut bagi kehidupan memberikan gambaran yg jelas kepada peserta didik bahwa dlm kehidupan manusia harus ada keseimbangan alam yg pada giliranya memberikan kepuasan manfaat bagi manusia.
K. Kelugasan
1. Struktur kalimat efektif , penggunaan kalimat dalam menjelaskan suatu masalah sangat jelas yg menerangkan pokok permasalahan secara jelas yg memberikaan kesamaan pemahaman kepada peserta didik
2. Kebakuan Istilah, penggunaan istilah yang disampaikan dalam setiap pembahasan materi pokok sangat jelas yg pada giliranya memberikan pengertian yg sama misal ; ZEE, DAS, pantai dll.
L. Keruntutan Alur Pikir
1. Ketertautan antar bab, antar sub bab, alenea, dan kalimat, susunan kalimat yang disampaikan secara runtut yang memberikan penjelasan secara terperinci antar bagian yang satu memberikan penjelasan pada bagian yang lain yg memberikan gambaran secara lebih jelas dan ketepatan sub bagian yg ada.
2. Keutuhan makna bab, sub bab, alenea, dan kalimat , penjelasan setiap bab diperjelas dengan pembahasan setiap sub bab dan diperjelas dengan penjelasan setiap alenea dan akhirnya memberikan penjelas yg utuh dalam suatu kalimat :misal pokok bahasan Hidrosfer memberikan penjelsaan yang utuh mulai pengertian hidrosfer, ilmu yg mempelajari tentang air, bentuk- bentuk air dijelaskan secara terperinci sehingga memberikan gambaran yg sangat jelas bagi peserta didik.
M. Kaidah Bahasa Indonesia
1. Ketepatan tata bahasa, bahasa yang disampaikan menggunakan bahasa indonesia yang baku sehingga mudah dipahami oleh peserta didik yg pada giliranya memberikan pemahaman yang jelas dan lugas yg tidak memberikan pemahaman ganda.
2. Ketepatan ejaan dan tata tulis, bahasa yang digunakan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai EYD.
N. Penggunaan Istilah
1. Kesesuaian istilah dengan materi sajian, penggunaan istilah yang disampaikan sudah cukup jelas dan lugas,misal pokok bahasan atmosfer maka istilah yang disampaikan dalam pokok bahasan yang ada hubunganya dengan atmosfer dan pengaruhnya kepada kehidupan manusia, pokok bahasan iklim yang dijelaskan secara terperinci pada setiap alenea menyangkut iklim, cuaca dan pengaruhnya terhadap ekosistem dan kehidupan manusia .



2 komentar:

Taqorrub Ubaidillah mengatakan...

thanks brother atas bukunya :)

salam kenal :)

cerita panas mengatakan...

buku yang bagus

 
Copyright © 2010-2011 Malik Abdul Karim
Original Concept My Blogger Themes Support Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda